Materi Trobosan Bisnis Secara Online Oleh Fitra Jaya Soleh

Trobosan Bisnis secara Online.

1. Sejarah era zaman. Agraris > industri > informasi. Pemikiran kuliah tinggi buat dapet kerja itu pemikiran dari jaman industri. Skrg siapa yang kuasai informasi dialah yg menang. Banyak sekali tools yang bisa digunakan dalam bisnis online.

2. Reach adalah hal yg penting bgt buat bisnis online. Reach di medsos dan web diwakili oleh jumlah fans, jumlah orang yg melihat postingan kita, jumlah followers, dan jumlah pengunjung. Reach berbanding lurus dg sales.

3. Rumus Edgrank d facebook membatasi hanya sekitar 5% dr fans kita yg bakal melihat postingan kita.
Hal itu menekan marketing organik supaya beralih k iklan berbayar facebook. Walau begitu tetap ada cara yg bs ditempuh dg marketing organik facebook.

5. Tiga tahap bisnis.

  • 5A. Start up.
  • 5B. Growing > perlu system + SDM. 
  • 5C. Expand, buka Cabang dan system reseller terstandarisasi.


6. Startup: cirinya masih mencari penjualan. Inti penjualan adalah mencari pembeli baru dan mempertahankan pembeli lama. Kita harus merawat pembeli lama. Krn kalo pembeli lama pergi dan kita terus2 mencari pembeli baru itu seperti mengisi botol yang bocor atw penuh air. Air yang masuk sebanding dengan air yg keluar. Kita posting dan iklan itu buat cari pembeli baru. Sedangkan bisnis yang bagus adalah 70% omsetnya dr repeat order.

7. Langkah pengembangan bisnis.

  • 7A. Kenalkan bisnis, kasih Kartu nama. Perbanyak kenalan dan kualitas hubungan. Silaturahim. Jangan malu apalagi rahasiakan bisnis kita.
  • 7B. Bikin orang suka atw butuh dg produk kita.
  • 7C. Bikin orang beli. Gmna caranya bikin orang beli.
  • 7D. Bikin orang yg beli itu senang.
  • 7E. Bikin repeat order.
  • 7F. Bikin orang merekendasikan. Rekomendasi itu kuat sekali ini. Kadang dengan adanya rekomendasi, membuat orang ga pikir panjang buat beli.


8. Zaman terus berubah. Rezeki berbanding lurus dg kapasitas ilmu dan kemampuan. Allah ga membebani kita ujian yg melebihi kemampuan. Rizki jg merupakan ujian. Jadi level rizki kita itu berada di bawah level kemampuan dan kapasitas kita. Maka fokuslah pada kemampuan dan ilmu. Belajar dan banyak diskusi. Bisnis ga punya masalah. Yg punya masalah orang yg berbisnis. Unknown area adalah resiko dalam bisnis, diperkecil dg belajar.

9. Tools ngenalin bisnis salah satu contohnya dg akun Facebook. Add friend tiap hari. Perhatikan segmen. Jangan sembarang add. Pastikan orangnya ideal market. Usia. Pendapatan mereka. Pekerjaan. Yang punya uang. Jangan yg alay krn mereka masih cari identitas diri. Setelah 5ribu friend orang ubahlah akun jd fanspage. Klo uda smpe jutaan fans, bs bikin 5% dr jutaan fans kita  tahu bisnis kita.

10. Fanpage. Bikin akun facebook lg yg banyak, add friend sampai ribuan. Jadikan akun fb jadi admin fanspage. Invite semua friendnya. Ini yg makan waktu. Ada cara lain yg lebih cepat yaitu sistem reseller atw fb ads.

11. Dengan sistem reseller membuat semakin banyak orang yg tahu. Raihan punya 11ribu orang reseller, Mereka digaji. Skrg raihan uda jadi market place, Raihanshop.com. Raihan punya tim IT sendiri.

12. Bisnis ada tiga: cari profit, gain, sosial.

  • 12A. Profit: dapet dr selisih dagangan. Dari revenue
  • 12B. Gain: nyari untung bukan laba. Biaya iklan zalora 100 milyar perbulan dan ga dapet profit mereka. Tapi mereka bangun aset bisnis. Akan divaluasi bisnisnya. Konversinya ke nilai saham. Contoh lain seperti tokopedia yg dijual 1,2 trilyun. Juga Tokobagus. Aset bisnis yg dijual. Facebook juga walaupun dapet profit dr iklan tpi yg mereka kejar utamanya adalah gain. Nilai bisnis mereka.
  • 12C. Sosial: ga berharap uang. Berharapnya Impact.


13. Skalabilitas yg dilakukan raihan menggunakan system, membership, Gaji, dan jaringan.

14. Tentukan Value bisnismu. Kita jualan value. Dulu aqua valuenya jualan air bersih. Skrg valuenya aqua membuat kita fokus. Starbucks menjual eksperience, prestise. Jawab pertanyaan
"Kenapa orang harus beli produk kita?" Seperti Tupperware jaminan tahan lama walau mahal.

15. Untuk membangun reseller perlu tawarkan konsep bisnis dan value bisnisnya. Konsep bisnis itu system. System raihan dipikir dan dirancang tiga hari tanpa tidur siang. Salah satu contoh tawaran value sperti Tomshoes. Beli sepasang maka sepasang sepatu lain untuk anak2 argentina, valuenya menyejahterakan orang lain. Selain itu permudah orang buat jadi reseller. Kita bantu mereka dan pandu mereka, ada mentor yg ngajari jdi reseller semangat. Buat menawarkan value perlu membedah dan mendefinisikan bisnis kita.

16. System reseller raihan Ga cuma dapet diskon. Bisa merekomendasikan orang beli bakal dapet gaji. Buat jadi reseller gratis dan mudah, klo bayar, orang gamau ikut. Harga jual barang di tiap level sama. Mereka digaji dari potongan profit dr sales raihan yg disimpan buat reseller. Ketika berhasil mencapai sejumlah sales tertentu maka potongan profit itu diberikan k reseller sbagai gaji. No sales no gaji. Makin banyak sales makin banyak gaji. Dengan raihan menjadi marketplace 100an toko maka skala sales yg bs dicapai sangat besar. Reseller yg bergaji sejuta smpe 500 juta perbulan ada. Reseller bisa membuat tim sendiri.

17. Pengusaha membangun, growing bisnisnya. Bikin tim dan memotivasi tim. Tim yg cari konsumer. Komsumer menghasilkan Sales. Sales buat kembangkan bisnis. Pengusaha pekerjaannya adalah memperbesar bisnisnya bukan merunning bisnisnya. Fokus kesitu. Yang merunning bisnisnya adalah tim, karyawan. Jualan online itu pekerjaan tim kita, para sales kita. Data BI, 300 trilyun perputaran uang d internet indonesia. Agar bisa ambil bagian maka yang masih jadi sales polanya harus diubah! Kita jadi pengusahanya bukan salesnya. Dan agar growing kita harus terus learning. Diskusi>action dan praktek>diskusi lagi, dst.

18. Klo punya toko offline prinsipnya sama, jangan diem. Harus punya upaya buat ajak orang masuk dan beli. Banyak tekniknya supaya orang masuk toko, dan supaya orang yg masuk harus beli. Dan supaya yg beli bakal harus balik lagi. Itu semua perlu ilmu, kapasitas.

18. Ada tiga faktor yg bikin bisnis sukses.

  • 18A. Faktor tambah: value added, value yg kita tawarkan.
  • 18B. Faktor kali jualan online: kita harus analisa apa faktor kali dari bisnis kita. Klo raihan ya resellernya. Tukang bakso ya gerobaknya, ojek ya motornya.
  • 18C. Faktor bagi: sedekah infaq zakat.


19. Ketakutan buat merekrut Karyawan itu wajar. Jangan dihitung dengan menggaji karyawan dan pendapatan kita tetap dan menggaji karyawan akan berat. Perhitungan sbenernya adalah gaji karyawan itu fix tpi pendapatan kita meningkat. Jadi di awal kita rugi dulu tu wajar.
Karyawan kerja buat dapetij uang. Pengusaha membangun aset bisnis dan asetlah yg memberikan uang. Satu hal yg mutlak adalah semua pengusaha dan orang sukses punya karyawan. Takut itu wajar tapi bukan untuk berhenti. Jangan khawatir.

20. Semua ada ilmunya. Kita baru mendiskusikan satu langkah yaitu membuat orang tahu bisnis kita. Masih ada 5 langkah lg sampai orang mau merekomendasikan bisnis kita. Ada banyak sekali teknik. Kita perlu belajar.

Referensi :
Resume by Yasir Saifur Rahman.
Owner Kilau Jewelry.
Toko Online Cincin Nikah, Perhiasan, Aksesoris, dan Suvenir Handicraft.
Group WA.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Materi Trobosan Bisnis Secara Online Oleh Fitra Jaya Soleh"

Posting Komentar